AREMANIA




arema, mungkin hampir semua orang di Indonesia sudah tahu apa itu. ya, kata yang berasal dari singkatan arek malang sekarang sudah menjadi ikon persepakbolaan kota malang pada khususnya dan bahkan asia pada umumnya. hal ini tidak berlebihan mengingat sejak kedatangan dua pemain nasional singapura yang juga menarik beberapa jurnalis singapura untuk sering-sering mengunjungi malang melihat perfroma pemain mereka dan secara tidak langsung juga menyorot arema. bahkan di salah satu komen wartawan tersebut ada kekuatan lain di balik arema yang membuat klub sepakbola mandiri ini menjadi besar meski kendala dana sering menghampiri.

tidak lain dan tidak bukan kekuatan tersebut adalah aremania yang kompak mendukung arema dari belakang baik secara langsung maupun tidak langsung. keloyalitasan aremania sudah tidak diragukan lagi, hal ini bisa dilihat dari jumlah penonton yang hadir di stadion bahkan pada saat away. sekarang saja rata-rata home penonton yang hadir masih diatas 27.ooo orang dan yang perlu diingat arema pernah 2 kali home tanpa penonton. sehingga dengan animo yang sangat besar ini banyak laga dan event sepakbola nasional di gelar di Malang, meski banyak pihak yang mencurigai hal ini sebagai salah satu kerjasama negatif antara arema dan penyelenggara sepakbola nasional.

aremania tidak hanya ada di malang saja, mereka tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. salah satunya adalah aremania yang insya Allah nanti pada saat piala dunia akan mengibarkan bendera Arema Indonesia di sana. semoga saja terwujud soalnya dari milis yang saya ikuti beliau sudah dapat tiketnya. di salah satu fanpage di facebook, yaitu aremania fanpage bahkan sudah berjumlah lebih dari 90.ooo penggemar ini baru yang bisa main internet lo. bagaimana yang aremania yang tidak bisa mengakses internet bisa dua kali lipat dari yang ada di facebook mungkin. karena aremania tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana.

aremania sendiri sudah lahir sebelum klub ini berdiri, yaitu sekitar tahun 1986, namun seiring dengan adanya klub sepakbola arema kebersatuan arema makin kental dan kompak. tidak hanya untuk orang malang saja namun semua masyarakat yang mempunyai ketertarikan dengan arema sekarang Arema Indonesia bisa mengaku dirinya aremania. kami sebagai orang malang tidak pernah membatasi siapa yang akan menjadi teman kami, siapa yang bisa menghargai akan kami hargai, siapa yang bisa menghormati kami bisa lebih hormat, namun siapa yang mengganggu kami kami siap melayani.

beberapa prestasi tahun ini pun di raih diantaranya, masuk 7 besar asia dengan jumlah suporter yang hadir dengan rata-rata 28.000 jika kapasitas stadion bisa ditambah kemungkinan rekor bertambah pun bisa diraih. pada saat 2006 aremania juga menyabet suporter terbaik copa Indonesia. bahkan aremania menjadi satu-satunya suporter yang pernah masuk di dalam National Geographic pada edisi 2006.

transformasi aremania terus berlanjut sampai sekarang, perubahan menuju arah yang baik dan modern pun terus digalakan. dimulai dengan pengurangan tindakan anarkis baik antar suporter maupun dengan pihak yang lain. banyak aremania yang kreatif sudah membuat situs-situs internet yang menarik, diantaranya ongisnade.net, aremania.com, aremania senayan, dan blog-blog aremania yang berjamuran. namun semakin beragamnya hal tersebut semakin menunjukan bahwa aremania ingin terus berubah menyesuaikan dengan jaman. hal ini pun sudah dibuktikan dengan tanggapan dari suporter kawasaki frontale yang saat itu pernah berkunjung ke malang pada saat pertandingan LCA, komentar dari mister ogakawasaki ini bisa di lihat di sini http://anak-negeri.blogspot.com/2007/03/surat-dari-mr-ogakawasaki-kazoku-untuk.html yang intinya adalah takjub dengan kondisi di malang, aremania yang mendapat tamu dari jepang melayani dengan senyuman setiap tatapan dari suporter jepang ini.

saya sendiri yang merupakan orang malang asli merasakan sendiri ada suatu rasa yang jika menyebut nama arema/aremania di luar daerah menjadi bangga. tidak ada satu rasa malu atau apapun, karena aremania sekarang bisa dibilang bisa menjadi contoh bagi suporter klub lain. salah satunya adalah sportifitas, tahun ini kami memang pernah mengalami kekalahan di kandang, tapi kami juga sadar permainan tidak selamanya menang pasti ada kalahnya. kita pun pulang dengan lapang dada.

aremania sekarang tidak hanya pergerakan suporter bola saja, namun sudah menjadi semacam kelompok sosial yang tidak lagi terlalu menjunjung kedaerahan atau sifat cauvinisme semata akan tetapi semangat salam satu jiwa yang terus didengungkan dalam rangka merangkai kekompakan dan kesatuan seluruh komponen aremania. kreatifitas-kreatifitas dalam mendukung pun terus di lakukan, mulai dengan aransemen lagu maupun menciptakan lagu sendiri ditambah lagi dengan gaya atraktif di atas tribun stadion di kala mendukung tim kesayanganya.

yang patut di acungi jempol adalah loyalitas yang dibawa oleh aremania tidak hanya ke arah negatif namun banyak hal positif yang di hasilkan. salah satunya adalah semakin meningkatnya peran serta aremania dalam klub, terutama bantuan dana baik dari penjualan tiket atau atribut arema. meski pemasukan dari atribut masih belum bisa dikatakan besar namun, potensi ke arah tersebut sangat terbuka lebar, mengingat sekarang semakin menjamurnya penjual atribut-atribut arema. hal ini pun secara tidak langsung menambah perputaran ekonomi di kota malang.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply