Mudik




















































tak sedikit orang yang berjuang untuk pulang kampung menjelang hari raya Idul Fitri ato disebut juga Mudik. mudik memang menjadi budaya yang sangat khas di negara tercinta ini, menjadi sebuah keharusan bagi seseorang yang sudah merantau di daerah lain untuk balik lagi ke kampung halamanya, hanya untuk sekedar berbagi dan menyambung kembali tali silaturahim.
meski dalam Islam sendiri tidak ada kewajiban untuk mudik / kembali ke kampung halaman, akan tetapi mudik tetaplah menjadi suatu bagian di bulan ramadhan bagi umat Islam di Indonesia.

banyak pemudik beranggapan hanya 1 tahun sekali ini mereka bisa pulang kampung setelah sepanjang tahun mencari nafkah dan kehidupan di kota-kota besar. dengan adanya hari raya idul fitri kesempatan berkumpul juga lebih besar karena, sebagian besar keluarga mereka akan berkumpul di hari yang fitri ini.

meski sampai saat ini mudik yang aman dan nyaman masih sangat jauh dari harapan, tetapi semangat pemudik akan selalu memberi energi bertahan di sempitnya kereta ekonomi, padatnya jalan pantura, dan mahalnya tiket pesawat udara.

perjalanan udara sempat menjadi harapan untuk mengurai kepadatan mudik, namun dengan mahalnya tiket pesawat dan kurang mengertinya masyarakat luas tentang transportasi ini, menjadi penyebab utama kenapa sampai saat ini hanya kelas menengah ke atas yang bisa menikmati moda transportasi ini.

tapi inilah Indonesia dengan segala budayanya. unik tetapi tetap menarik. berbanggalah menjadi masyarakat surga dunia, tidak kurang suatu apapun dari Allah SWT. seperti lagu gombloh, Indonesia kaya raya, tongkat aja bisa jadi pohon. kurang apa coba??


Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply