KELAS ANTI NYONTEK

Pendidikan merupakan salah satu pondasi bangsa, oleh karena itu mulai dari pemerintah, LSM, DPR, sampai orangtua sangat memperhatikan kulaitas pendidikan anak-anaknya. tidak sedikit yang menyekolahkan anaknya di sekolah yang bertaraf internasional dengan biaya yang gila-gilaan. namun tidak jarang juga seseorang hanya sekolah di tempat seadanya, dengan kondisi sarana dan prasarana yang minim.
terlepas dari itu semua, seperti yang kita ketahui sekarang, banyak cara untuk mengetahui kualitas siswa atau murid. salah satu yang kontrofersial adalah adanya UAN. karena UAN selama ini dijadikan kambing hitam jika seseorang gagal menempuh pendidikan, dan banyak siswa menolak UAN. hal ini pastilah ada penyebabnya,salah satunya karena murid sudah terbiasa dengan kondisi kelas yang "mudah" untuk mencontek dan ketika UAN yang notabene pengawasan dalam ujian meningkat secara drastis, siswa akan kaget dan stress dengan situasi ini.
oleh karena itu perlu ditumbuhkan budaya belajar mengajar dimana kesempatan untuk mencontek diminimalisir dan dihilangkan kalau bisa.

Ide saya adalah: untuk meminimalisir agar para siswa susah untuk mencontek adalah dengan menempatkan cermin di pojok pojok atas plafon, seperti yang ada di minimarket. jadi setiap kegiatan murid akan kelihatan dari depan oleh guru. untuk setiap sudut dan besar cermin bisa disesuaikan dengan bentuk dan besar kelas. ide ini tidak memerlukan banyak biaya seperti kelas kelas mahal yang menggunakan cctv, yang tujuanya hampir sama. yaitu mempersempit ruang gerak siswa untuk menyontek. dan keunggulan lainya adalah sang guru tidak perlu mondar-mandir pas ujian jadi ga mengganggu konsentrasi siswa.

meski begitu untuk lebih mengefektifkan ide saya, agar ruang kelas menjadi tempat yang susah untuk mencontek perlu diimbangi dengan pengajaran yang efektif dan menyenangkan juga. sehingga siswa akan lebih terpacu untuk belajar.
saya berharap jika ide ini bisa disempurnakan,oleh karena itu kritik dan saran sangat saya harapkan.

Posting Lebih Baru Posting Lama

One Response to “KELAS ANTI NYONTEK”

  1. Salam Kenal????????

    Ada Info

    SEMINAR INTERNET BISNIS dan INTERNET MARKETING
    untuk seluruh Indonesia secara GRATIS

    Apakah Bisnis anda terimbas KRISIS GLOBAL ? Anda Sedang terkena PHK? Anda sedang mencari PEKERJAAN? atau Anda ingin PEKERJAAN SAMBILAN?

    Nanti setelah baca berikut ini, Anda akan mendapatkan sebuah solusi PEKERJAAN, Bisnis di Internet atau Bisnis Real Non Internet. Sekaligus Anda bisa mengikuti SEMINAR INTERNET BISNIS dan INTERNET MARKETING bersama kami secara GRATIS.

    Caranya: Daftarkan Nama, Email dan No HP /Telp anda di halaman ini pada Kolom DAFTAR GRATIS.

    Inginkah usaha anda berkembang jauh lebih CEPAT? Inginkah usaha anda berkembang jauh lebih LUAS? Inginkah usaha anda berkembang jauh lebih MENGUNTUNGKAN?

    Silakan kembangkan Usaha apapun yang anda punya melalui Teknologi Internet.
    Untuk awal, silakan ikuti SEMINAR INTERNET BISNIS bersama kami secara GRATIS di seluruh Indonesia.
    Pendaftaran kami buka secara ONLINE
    dan akan Kami tambahkan GRATIS SEMINAR INTERNET untuk 1000 Pendaftar Pertama di seluruh Indonesia.

    Klik here : http://jurus-usaha.co.cc

    BalasHapus