merawat Kamera Digital




  1. Buat Camera digital Biasa
    Jangan menyimpan kamera di dalam lemari berkapur barus. Uap dari kapur barus dapat merusak PCB (printed circuit board) dan mengotori lensa kamera. Sebaiknya, simpan kamera di dalam wadah kedap udara (atau, letakkan silica gel untuk menyerap kelembapan lemari).
    Bersihkan Body & Lensa setelah pemakaian, gunakan bahan kain halus yang dapat menyerap cairan. Setelah kamera dipakai apalagi pemakaiannya outdoor maka kamera & Lensa wajib dibersihkan dari debu, keringat, minyak dll supaya keringat, minyak dan debu itu tidak menempel kuat di body yang nantinya bisa meninggalkan noda atau merusak warna body & Lensa.
    Lepaskan Baterai dari dalam body kamera. Ini penting sekali untuk menghindari kerusakan pada mesin kamera. teman saya punya kebiasaan buruk dalam hal ini sehingga mengakibatkan 2 kamera digitalnya rusak setelah diperbaiki dengan biaya yang cukup mahal hanya 1 kamera yang berhasil diselamatkan ... pencegahan lebih baik baik daripada service .. Mahal bos..

    Simpan Kamera di drybox atau gunakan kotak plastik kedap udara yang telah kita taruh cilica gel secukupnya.

    ganti cilica gel jika telah mengalami perubahan warna menjadi merah muda. perubahan warna ini berarti cilica gel tidak dapat menyerap air lagi.

    usahakan menyimpan Kotak penyimpanan/dry box di ruang ber-AC.

    Simpan Kamera, Lensa dll dengan pembatas satu dengan yang lain, supaya tidak menimbulkan gesekan nantinya.
    Untuk yang sudah berjamur baik di body atau lensanya ambil aja minyak kayu putih sama kapas (kosmetik) secara halus bersihkan bagia yang berjamur. untuk bagian yang sulit gunakan cootonbud yg dilumuri minyak kayu putih...pasti kamera dan lensa kita jadi ginclong lagi .
    BUAT KAMERA DSLR

    hal-hal yang mesti kita perhatikan :

    1. selau menjaga kebersihan dari mata lensa kamera (jangn pernah menyentuhmengunakan jari)
    2. gunakan kain bersifat halus. . . selalu dalm keadaan sedikit lembab.
    3. jagan pernah membuka lensa dalam suasana terang atau langsung terkena sinar matahari
    4. kamera ini sedikit sensitif dlam goncangan, jagalah selalu dari goncangan berlebihan
    5. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
    Jagalah kamera agar jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya

    6.Jagalah dari Goncangan yang Berlebihan
    Jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tas khusus kamera, guna menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Taruhlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan.

    7. Bersihkan Kamera dan Lensa
    Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian luar fisik kamera, gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Sedangkan untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Selain blower, juga bisa digunakan kuas berserabut halus, yang belum pernah dipergunakan pada benda yang lain.

    Untuk membersihkan lensa yang terkena noda, misalnya terkena jari yang berminyak atau air keringat dari pemakai, pakailah tissue khusus yang banyak dijual di toko

    8. Hindari Goresan pada Lensa
    Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanen di bagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa, usahakan selalu memasang 'bodycup' penutup saat lensa dilepas dari badan kamera

    9. Hindari Air Laut
    Jika anda menggunakan kamera di pantai, jagalah agar kamera tak terkena air laut atau bahkan jatuh ke dalamnya. Air laut sangat jahat dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya. kecuali yang memang dirancang untuk bisa beradaptasi dengannya.

    Sehabis digunakan di daerah pantai, pembersihan kamera wajib dilakukan sesegera mungkin. Uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera. Jika suatu saat, tanpa sengaja kamera anda tercebur ke dalam air laut, langsung rendam kamera anda ke dalam air tawar, kemudian bilaslah berkali-kali untuk menghilangkan bekas-bekas air laut.

    Proses pengrusakan oleh air laut berlangsung sangat cepat dan dalam hitungan menit setelah tercebur, sehingga bila pembilasan air ini tidak dilakukan sesegera mungkin, kamera yang tercebur ke dalam air laut tak akan bisa diselamatkan. Setelah dibilas hingga bersih dari air laut, bawa segera ke ahli servis kamera untuk membersihkannya dan mengeringkan kamera tersebut.

    10. Service di Tempat Terpercaya atau Resmi
    Secara berkala, dalam kurun waktu tertentu, sebaiknya kamera digital diservis ke tempat khusus, terpercaya dan malah lebih bagus yang resmi. Jangan tunggu kamera rusak kemudian baru diservis. Servis yang dimaksud adalah 'servis besar', yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera.

    Jangan terlampau sering mencuci lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Kaca lensa begitu peka. Makin sering dibersihkan, dapat mengakibatkan mutu gambar akan menurun. Untuk menjaga dan merawatnya, sebaiknya jangan disimpan di lemari pakaian anda, karena hal itu akan berpotensi mengundang jamur yang menempel di lensa bagian dalam kamera.
    semua tips di atas bisa diterapkan juga di kamera digital biasa lo.,.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply